A.
Perkembangan Teknologi Perkantoran
Diera globalisasi kualitas dan Profesionalisme
menggunakan Peralatan Perkantoran merupakan aspek utama dan merupakan sebuah tuntunan
yang tidak bisa ditawar oleh
seseorang yang sedang merintis dunia
pekerjaan. Butuh ketrampilan untuk
mengoprasikan teknologi, dan dalam merintis dunia pekerjaan
seorang pekerja dituntut untuk selalu punya kemauan meningkatkan Pengetahuan
dan Ketrampilan dalam mengoperasikan peralatan canggih sebagai alat bantu kerja.
Seiring perkembangan zaman Teknologi berkembang dengan
pesat, baik berdampak positif maupun negatif, tentunya kita tidak mungkin bisa
mengelaknya. Perkembangan ilmu dan teknologi semakin pesat dan perlatan (mesin)
kantor yang dipergunakan semakin canggih, menuju kearah efisiensi kerja (Job
Efficiency).
B.
Peranan Teknologi Perkantoran
Teknolgi merupakan aplikasi ilmu dan engineering untuk
mengembangkan mesin dan prosedur agar memperluas dan memperbaharui kondisi
manusia / paling tidak memperbaiki mausia pada beberapa aspek.
Kantor adalah suatu unit organisasi yang terdiri dari
tempat, personel, dan operasi ketatausahaan untuk membantu pimpinan. Yang
dimaksud tempat adalah ruangan, gedung, kompleks, serta perabot dan
perlengkapannya, seperti mesin – mesin kantor dan perlengkapan lainnya yang
mendukung aktivitas kerja.
Teknologi perkantoran adalah teknologi yang diaplikasikan
dalam kegiatan perkantoran yaitu digunakan untuk mencatat, menghimpun,
mengolah, memperbanyak, mengirim, dan menyimpan bahan – bahan keterangan secara
efisien dengan menggunakan mesin – mesin kantor.
Dengan melihat pengertian di atas jadi semua
pekerjaan kantor akan lebih
efektif dan
efisien sehingga semua informasi semakin ringkas, akurat serta dihasilkan pada
waktu yang tepat dengan biaya yang rendah pula. Semua ini akan memudahkan
manajemen puncak untuk mengambil keputusan.
C.
Macam–Macam Mesin Kantor
Ada beberapa
macam mesin kantor, dilihat dari :
1. Tenaga
Penggeraknya
a. Mesin Manual;
mesin yang digerakkan oleh tenaga manusia
b. Mesin Listrik;
mesin yang digerakkan oleh tenaga listrik.
2. Cara Kerja
Komponennya
a. Mesin Mekanik;
mesin yang rangkaian komponen bergerak pada waktu operasi. Mesin ini ada yang digerakan secara
manual maupun dengan tenaga listrik.
b. Mesin
elektronik; mesin dengan rangkaian komponen elektronik. Mesin inihanya dapat
digerakkan dengan tenaga listrik.
3. Menurut Fungsinya
a. Mesin untuk mencatat
b. Mesin untuk menghimpun
c. Mesin untuk mengolah
d. Mesin untuk menggandakan
e. Mesin untuk mengirim
f. Mesin untuk menyimpan
D.
DAMPAK TEKNOLOGI PERKANTORAN
Perkembangan
Teknologi yang semakin pesat mempengaruhi penggunaan peralatan kantor yang
menggunakan teknologi. Penggunaan teknologi juga memberikan dampak, baik dampak
negatif ataupun dampak positif. Adapun dampak positif dan negatifnya sebagai
berikut :
1. Dampak Positif
a. Terhadap Ketenagakerjaan
Ø Peningkatan mutu tenaga kerja.
Ø Meningkatkan kegairahan dan
kedisplinan kerja.
Ø Meningkatkan penghasilan bagi tenaga
kerja.
Ø Meringankan tenaga dan pikiran
pegawai.
b. Terhadap Prosedur Kerja
Ø Mempercepat penyelesaian pekerjaan.
Ø Menyederhanakan prosedur kerja /
memperpendek mata rantau penyelesaian pekerjaan.
Ø Memperlancar pekerjaan.
Ø Mempermudah penyelesaian pekerjaan.
c. Terhadap Hasil Kerja
Ø Meningkatkan mutu hasil pekerjaan
kantor.
Ø Mempertinggi jumlah hasil pekerjaan.
Ø Memenuhi standar mutu tertentu.
Ø Memperoleh keseragaman bentuk,
ukuran, dan jenis pekerjaan.
2. Dampak Negatif
a. Mengurangi penggunaan tenaga kerja
dan berakibat menambah pengangguran.
b. Kesulitan untuk mencari tenaga kerja
yang memiliki tingkat keterampilan tertentu.
c. Menimbulkan rasa ketergantungan
kepada mesin yang sulit akan menimbulkan pemborosan.
d. Dapat menimbulkan suara gaduh
sehingga mengganggu pegawai lainnya.
e. Penggunaan mesin tertentu dapat
memerlukan sarana penunjang lainnya yang memerlukan biaya.
REFRENSI
Diiah, Agitha.
(2013) Makalah Teknologi Perkantoran.
http://githahanafi.blogspot.com/2013/05/makalah-teknologi-perkantoran.html. Diakses
19 Maret 2015
Anonim. 2008 Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. ilmuadministrasi.wordpress.com.
Diakses 19 Maret 2015
Tidak ada komentar:
Posting Komentar